Usung Kembali Budaya Gotong Royong, Warga Masyarakat Cipanas Pasauran Bersama sama Bangun TPU

Redaksi
0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

Serang Kab, Minggu, 06, September, 2020, cyberinvestigasi.com – Kerja sama Warga Kp.Cipanas, Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, bersama gotong royong membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU). Inilah salah satu bukti tradisi gotong royong yang masih mengakar kuat di tengah kehidupan masyarakat Cipanas Pasauran

Rt.06 & rt. 11. Rw 3. Desa Pasauran.
Minggu, 06/09/20

Dalam sebuah kesempatan nya, Ustadz Muslik, selaku tokoh dan juga sekaligus selaku ketua DKM mengatakan, “Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini warga kampung Cipanas Desa Pasauran sudah memiliki tanah wakaf, yang mana lahan tersebut peruntukan nya guna TPU, dan dalam hal ini semua berkat kebersamaan ataupun kekompakan warga masyarakat yang sudah mau bekerja sama dengan berswadaya dengan menggalang dana untuk pembelian lahan TPU, imbuhnya.

“Sebab selain TPU yang sudah ada sudah tidak lagi memadai, maka kami warga masyarakat Kp. Cipanas akhirnya sepakat untuk berdonasi, yang mana hasil dana yang didapati adalah sebagian hasil dari Iyuran, dan juga didapat dari para donatur maupun dermawan yang turut berpartisipasi”

Selanjutnya, dikesempatan lain nya juga Rustomi, selaku tokoh pemuda menjelaskan kepada awak media,

“Gotong royong kali ini dilakukan dengan melakukan pembabadan di lahan yang di peruntukan TPU, yang mana hal ini juga adalah dalam rangka menjaga
budaya gotong royong,
Yang masih kental kerap dilakukan
di lingkungan kami, pungkasnya.

Rustomi, juga menambahkan, bahwa hari ini Alhamdulillah segenap warga kampung Cipanas desa pasauran kecamatan cinangka, sangat antusias bersama sama melakukan kegiatan gotong royong, guna pembabadan lahan wakaf untuk Tempat pemakaman umum, yang berlokasi sekitar 300 meter jarak dari pemukiman penduduk.

“Hal ini dilakukan mengingat karena TPU yang lama sudah semakin penuh oleh pemakaman warga sekitar, yang sebelumnya berlokasi di area mesjid al muttaqin

Harapan Nya dengan adanya lahan ini, semua warga yang sanak family Nya meninggal, tidak kebingungan mencari lahan untuk penguburan jenazah, tutur Rustomi”.
Kegiatan ini diikuti oleh bapa bapa serta para pemuda, remaja kampung Cipanas girang Desa Pasauran kecamatan cinangka, yang sudah menunjukkan tingginya komitmen warga setempat dalam bergotong royong.

“Gotong royong kerja bakti ini melibatkan lebih dari 40 orang warga setempat, dengan semangat kebersamaan dalam menjaga dan melestarikan budaya gotong royong.

” Sebab, menurut kami masyarakat Kp. Cipanas, bahwa hal tersebut juga merupakan cermin nilai-nilai leluhur sunda yang telah mengajarkan silih asih, silih asah dan silih asuh, demikian Rustomi menjelaskan di akhir penyampaian nya.

Cyber/Red
By: Ombams

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Kasus Meningkat, Gubernur Banten Segera Berlakukan PSBB di Semua Wilayah

Serang Banten, 06, September, 2020, cyberinvestigasi.com – Gubernur Banten Wahidin Halim, mulai Senin 7 September 2020, akan segera berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh kabupaten/kota di wilayahnya. Hal ini menyusul dengan adanya tren kasus Covid-19 di 8 (delapan) kabupaten/kota di Provinsi Banten yang meningkat cukup signifikan. Hal ini […]
IMG 20200906 WA0040

Subscribe US Now