12 Juta UMKM Beralih ke Digital

Redaksi
0 0
Read Time:59 Second

cyberinvestigasi.com, Sabtu, 03 Apr 2021, Jakarta – Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, telah mengatakan bahwa ada 12 juta UMKM beralih ke digital.

Jumlah tersebut naik sekitar 19% dari tahun 2020.

Teten juga mengatakan, pada awal 2020 jumlah UMKM yang telah bertransformasi ada sekitar 8 juta.

“Angka UMKM yang hadir dalam ekosistem digital tumbuh capai lebih dari 19% populasi pelaku usaha, atau 12 juta UMKM,” kata Teten dalam acara pembukaan UKM Jabar yang disiarkan YouTube Kemenkop UKM. Pada Sabtu, (3/4/2021).

Teten mengaku, transformasi digital atau go digital bagi para pelaku UMKM akan terus ditingkatkan ke depannya. Setidaknya, target hingga 2023 ada sebanyak 30 juta UMKM yang bertransformasi ke digital.

Pengembangan UMKM ini, dikatakan Teten, karena kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) besar.
Dari total jumlah UMKM yang sekitar 64 juta, kontribusinya sekitar 61% terhadap PDB dan sekitar 14% terhadap total kinerja ekspor nasional.

“Angka-angka ini menjadi bukti bahwa UMKM tulang punggung perekonomian nasional,” katanya.

Meski demikian, Teten mengungkapkan pemerintah akan tetap memberikan berbagai macam bentuk pelatihan dan pembimbingan dalam transformasi UMKM ke digital.

“Isu literasi digital hingga peningkatan kapasitas produksi turut pula harus terus kita kawal,” ungkapnya.

Cyber-Red
(M.s.)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Parah dan Sangat Miris, KPM BPNT Desa Pasireurih Terima Komoditi Busuk

PANDEGLANG, BANTEN, – Miris melihat penyaluran komoditi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Pasireurih Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang, Sabtu (03/04/2021). Dari pantauan awak media Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Banten di lapangan, diduga terjadi penggelembungan harga dan buruknya kualitas komoditi yang diterima KPM […]
IMG 20210404 WA0030

Subscribe US Now