Ganti Rugi Terdampak Bendungan Karian Serta Carutmarut Sistem, Warga Nanggela Sajira Lebak Minta Pihak Desa Lebih Terbuka

Redaksi
2 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

cyberinvestigasi.com, 20 Februari 2021, Lebak Banten – Sebuah polemik tentang ganti kerugian pengadaan lahan guna pembangunan Bendungan Karian, diduga tidak sepenuhnya transfaran dan tidak sesuai mekanisme kerja sebagaimana mestinya.

Pasalnya pemerintah Desa dan team yang ditunjuk selaku kuasa pembebasan lahan diduga sudah merubah pola komunikasi atas proses penetapan ganti kerugian pengadaan tanah pembangunan bendungan karian terhadap warga.

Dalam hal tersebut, sebelumnya pada waktu dan hari yang lalu tepatnya pada Senin, 15-2-2021, dari empat kampung diantaranya sebagai warga masyarakat yang terdampak telah menerima surat undangan dari pemerintah desa dengan isi surat untuk Musyawarah.

IMG 20210220 103106

Namun dalam hasil sosialisasi yang berlangsung dan dilakukan oleh pihak kepala desa, diduga telah menimbulkan kesan dan ketidak pahaman warga masyarakat lantaran dalam hasil pembahasan musyawarah tersebut banyak hal yang tidak dimengerti oleh warga masyarakat”,

Seperti dikatakan oleh warga
Kp.Panuggangan Sumberjati (Sdrjt) Desa Calungbungur Kecamatan Sajira Kabuaten Lebak-Banten, yang telah menjelaskan pada Team Cyberinvestigasi.com.
Menurut (Sdrjt) dirinya telah menilai bahwa,

“Selaku Kepala Desa (Ahy) beserta team yang di kordinir oleh team kantor: Anas Karim Rifai dan rekan, bahwa diduga dan terkesan telah membuat langkah dan keputusan sepihak, yang mana sudah tidak mendasar pada satu ketentuan tata cara yang diatur oleh undang-undang.
Sebab adanya penggantian rugi atas dampak tidak sesuai dari kerugian masyarakat, dan tidak adanya penawaran harga hasil iringan kerugian terlebih dahulu.

IMG 20210220 103026

“Namun tiba tiba di acara musyawarah desa tersebut dengan spontan warga masyarakat terdampak di kasih harga tanpa adanya musyawarah tawar harga, dengan diharuskan melakukan penandatanganan tanda kesepakatan, ungkapnya.
Jumat, (19/02/2021).

Selanjutnya juga dikatakan oleh (Sdrjt), juga dari beberapa warga terdampak yang diantaranya adalah Kp.Naggela sebanyak 5.Rt”, Kp.Cimenten 5.Rt, dan lain sebagainya juga kedapatan ada beberapa warga yang kebingungan dengan persoalam NIB yang tidak keluar dan diterima oleh atas nama pemilik, juga ada diantaranya yang memiliki NIB namun tidak mendapatkan surat undangan musyawarah Desa, imbuhnya.

Maka untuk selanjutnya, (Sdrjt) selaku Warga masyarakat dan yang lain nya, bahwa selaku warga yang terdampak telah sepakat untuk meminta pemerintah desa beserta team yang mewakili perusahaan Karian, agar segera membuat pola perubahan yang dilakukan dengan antara lain, membuka kembali forum dialog secara lebih terbuka dan transparan kepada warga terdampak untuk sebuah negosiasi yang jelas.
Agar Pemerintah Desa beserta pihak terkait lain nya kembali menurunkan team untuk melakukan pengkajian ulang terkait penetapan ganti kerugian pengadaan tanah bagi warga terdampak pembangunan Bendungan Karian.

“Pemerintah juga harus menggelar musyawarah penetapan ganti kerugian dan penyampaian hasil penilaian tim dengan penilai ganti kerugian pengadaan tanah bagi peruntukan pembangunan Bendungan Karian untuk kembali menyampaikan, bahwa besaran penilaian ganti kerugian dihitung berdasarkan klasifikasi tanah, yang diakumulasi dengan keberadaan bangunan dan tanaman yang ada di atasnya.

IMG 20210219 WA0089

“Kami selaku Warga Masyarakat (Sdrjt-Red) akan kembali meminta Pemerintah Desa dan Team, dengan harus menyampaikan dan dapat menyetujui resume penetapan ganti kerugian tersebut, agar menandatangani berita acara persetujuan. namun jika masih ada ketidak cocokan data pada resume yang disampaikan dipersilahkan kepada pihak penerima untuk menyampaikan dalam kolom yang sudah ada pada berita acara, Tutupnya”.

Cyber/Red Biro-Lebak

Supriyadi Kuncir

 

 

 

 

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Pembangunan Jalan Dengan Cara Swadaya, Warga Kp. Cilaki RT.01-02 Telah Lakukan Kerja Bakti

cyberinvestigasi.com, 20 Februari 2021, Lebak Banten – Kegiatan Swadaya Masyarakat di Kp. Cilaki lingkungan Gg. Dukuh, telah bersama bahu membahu melakukan kerja bakti membenahi dan membuka jalan lingkungan mereka yang dengan maksud agar nyaman dilalui. Kekompakan warga di lingkungan Kp. Cilaki Gg. Dukuh RT.01-02 Desa Margajaya Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, […]
IMG 20210220 184944

Subscribe US Now