Ada Terdapat 7 Sosok Jenderal yang Dipromosikan Jadi Pangdam: Ini Nama Nama di Antaranya

cyberinvestigasi.com, Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, telah melakukan rotasi, mutasi, dan promosi jabatan kepada perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI.
Ketentuan mutasi terbaru tertuang pada SK Panglima TNI Nomor. Kep/779/VII/2023, tanggal 17 Juli 2023, tentang pemberhentian dari, dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pada SK tersebut, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan untuk 96 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri atas 53 Pati TNI AD, 28 Pati TNI AL, dan 15 Pati TNI AU.
Untuk melihat rinciannya, terdapat tujuh sosok Panglima Kodam (Pangdam) baru yang akan bertugas setelah mutasi TNI Juli 2023.
Salah satunya adalah peraih Adhi Makayasa Akmil 1992.

Ini deretannya sebagai Nama Nama yang disebut:

1. Mayjen TNI Harfendi (Pangdam IX/Udayana)

Mayjen TNI Harfendi, merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat, yang beberapa waktu lalu, dia baru saja ditunjuk mengisi jabatan Panglima Kodam IX/Udayana.
Pada tugas barunya ini, dia menggantikan Mayjen Sonny Aprianto, yang dimutasi menjadi Asintel Panglima TNI.

Sebelum penunjukannya menjadi Pangdam, Harfendi, diketahui tengah menjabat Koorsahli Panglima TNI.

Melihat dalam riwayatnya itu sendiri Harfendi, adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Dalam sepak terjangnya di militer, sejumlah posisi strategis lain juga pernah ditempati jenderal bintang dua ini.

“Di antaranya seperti Waaslog KSAD Bidang Renbinminlog (2020-2021), Kasdam IX/Udayana (2021-2022), hingga Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Polkamnas (2022-2023).

2. Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/Merdeka)

Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, menjabat Panglima Kodam XIII/Merdeka.
Dalam tugas barunya ini, dia menggantikan posisi Alfred Denny Djoike Tuejeh yang beralih menjadi Irjenad.

Legowo, juga merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan Infanteri.

Sebelum ditunjuk menjadi Pangdam, karier yang dimiliki jenderal bintang dua ini juga terbilang moncer.
Tercatat, sejumlah posisi strategis lain juga pernah didudukinya.
Sebut saja Danrem 161/Wira Sakti (2021), Gubernur Akmil (2021-2023), hingga Pa Sahli Tk III KSAD Bidang Intekmil dan Siber (2023).

3. Mayjen TNI Syafrial (Pangdam XVI/Pattimura).

Mayor Jenderal TNI Syafrial merupakan perwira tinggi (pati) TNI AD jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Pada mutasi terbaru, dia akan ditugaskan sebagai Pangdam XVI/Pattimura menggantikan Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa. Sebelumnya, Syafrial menjabat Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Melihat ke belakang, sederet jabatan penting lain juga pernah dicicipi jenderal bintang dua ini.
Di antaranya Kasdam II/Sriwijaya (2018), Pa Sahli Tk.II Kasad Bidang Was Aspas (2020), hingga Waasops Kasad Bidang Siapsat (2021), Pangdivif 2/Kostrad (2022), hingga Kaskostrad (2023).

4. Mayjen TNI Erwin Djatniko (Pangdam III/Siliwangi)

Mayjen TNI Erwin Djatniko. Peraih Adhi Makayasa Akmil 1992 ini ditunjuk menjadi Pangdam III/Siliwangi pada mutasi TNI terbaru.
Tongkat komando Kodam Siliwangi akan diteruskan Erwin untuk menggantikan Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, yang beralih tugas menjadi Wadankodiklatad.

Sebelum mutasi ini, Erwin sebelumnya menjabat Gubernur Akmil.
Jabatan ini sejatinya belum lama ditempati, yakni terhitung sejak April 2023 lalu.
Waktu itu, dia menggantikan Mayjen Legowo WR Jatmiko

5. Mayjen TNI Yanuar Adil (Pangdam II/Sriwijaya)

Mayjen TNI Yanuar Adil adalah jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan Kavaleri. Pada mutasi terbaru, namanya masuk daftar dan akan bertugas sebagai Pangdam II/Sriwijaya.

Pada perjalanan kariernya, Yanuar, memiliki riwayat jabatan yang cukup mentereng.
Tercatat, dia pernah menjadi Danrem 041/Garuda Emas (2020), Irdam III/Siliwangi (2021), hingga Danpussenkav TNI AD (2022-2023).

6. Mayjen TNI Mochammad Hasan (Pangdam I/Bukit Barisan)

Mayjen TNI Mochammad Hasan akan beralih jabatan dari Aster KSAD menjadi Panglima Kodam I/Bukit Barisan.
Pada tugas barunya ini, dia menggantikan Mayjen Achmad Daniel Chardin.

Sebelum penunjukannya sebagai Pangdam, Hasan juga telah banyak menempati posisi strategis lain sepanjang kariernya. Di antaranya Irben Itjenad (2020-2021), Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba (2021-2022), hingga Aster KSAD (2022-2023).

7. Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap (Pangdam XVIII/Kasuari)

Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap. Dia baru saja ditunjuk menjadi Pangdam XVIII/Kasuari menggantikan Mayjen Gabriel Lema.

Pada riwayatnya, jebolan Akmil 1988-B ini pernah menempati sejumlah jabatan strategis lain. Di antaranya adalah Ir Kostrad (2021-2022), Wadanpusterad (2022-2023), hingga Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Polkamnas (2023).

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red