IMG 20221210 WA0021

Capai Kinerja Memuaskan KEMENKUMHAM Banten Targetkan 7 Point Resolusi Di 2023

0 0
Silahkan Share
Read Time:3 Minute, 12 Second

cyberinvestigasi.com, Serang – Jelang akhir tahun 2022 Kantor Perwakilan (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten menggelar Rapat Koordinasi yang melibatkan 19 Satuan Kerja (Satker) Pemasyarakatan dan Imigrasi yang berada di bawah naungan Kanwil Banten, Jumat (09/12/2022).

Rakor yang diselenggarakan di Hotel Aston Anyer, Kab. serang ini merupakan salah satu langkah Kemenkumham Banten dalam mempersiapkan Seluruh Satker Pemasyarakatan maupun Imigrasi, agar dapat bekerja secara optimal untuk mencapai target pada Resolusi di Tahun 2023.

Yusfini, wanita yang menjabat sebagai Kepala Divisi Administrasi di Kanwil Kemenkumham Banten mengatakan, jika capaian kinerja seluruh Satker pada tahun 2022 ini, dapat dikatakan telah melampaui target kinerja yang diberikan hingga mencapai 99 persen atau diatas rata-rata.

“Dalam pemaran kita bisa melihat pencapaian kinerja Satker melalui parameter Perfoma Satker secara personal itu dan juga tim Buildingnya. Jadi bagaimana mereka dapat membangun sinergitas dan colaborasi yang baik dengan tim internal mereka, sehingga bukan semata mata hanya melihat bagaimana mereka dapat mengelola kinerja anggaran, namun juga dapat bersinergi tas dengan tim internal mereka di masing-masing Satker,” jelas Wanita yang Akrab disapa ibu Yus

Lanjut Yus menyampaikan jika Kanwil Kemenkumham Banten menjadikan momen evaluasi Kinerja tersebut sebagai pemecut bagi Satker untuk dapat terus meningkatkan capaian kinerja di tahun 2023 mendatang, dengan memberikan sejumlah penghargaan bagi Satker yang mencapai target kinerja tertinggi di tahun 2022 ini.

“Ada Indikator Pengelolaan Anggaran, Kehumasan, Pengelolaan Arsip. Sebenarnya tidak begitu menarik, tapi semua itu merupakan tolak ukur dimana mereka dapat mengolah hal-hal yang tidak seksi menjadi menarik dan itu kita kontesasikan secara internal dengan parameter penilaian yang pasti dan terukur yang dapat menjadi tolak ukur sejauh mana mereka dapat mengemas hal yang sifatnya statis menjadi dinamis,” jelas Yusfini.

BACA JUGA :  Atas Intruksi Wakapolda Pihak Kepolisian Lakukan Sidak di Lokasi Pertambangan

Tidak hanya memaparkan hasil kinerja selama satu tahun terakhir. Kanwil Kemenkumham Banten juga memanfaatkan moment Rakor tersebut untuk menyatukan Visi dan Misi seluruh Satker dengan menjalin kedekatan emosional serta membangun kerjasama tim yang solid melalui sejumlah permainan yang mengadu ketangkasan serta kekompakan seluruh peserta Rakor.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto mengatakan jika dalam permainan tersebut seluruh peserta dapat mengambil sedikit pelajaran berharga tentang bagaimana pentingnya Kepemimpinan, Kolaborasi dan Sinergitas. Untuk menggerakkan roda organisasi agar dapat bergerak mencapai tujuan.

“Seluruhnya luar biasa, disini ada Filosofi yang dapat kita ambil. Yang pertama ada Kepemimpinan, Kolaborasi dan Sinergitas. Kadang-kadang pimpinan itu dapat merusak sistem, pimpinan itu merusak aturan. Saya akui itu. Dari permainan ini kita bisa ambil sedikit pelajaran, untuk mencapai suatu target atau tujuan bukan karena siapa pemimpinnya saja. Tapi bagaimana keseluruhannya, cara kepemimpinan, cara kolaborasinya dan satu dengan yang lain dapat bersinergi untuk bersama-sama mencapai tujuan yang sama,” jelas Ka Kanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto.

“Ada organisasi Tradisional dan organisasi Modern. Organisasi Tradisional bertransformasi dari organisasi Birokrasi menjadi organisasi modern. Organisasi modern sudah kita laksanakan selama ini, kemarin kita lakukan dalam pembuatan rencana kerja dan sebagainya. Saudara-saudara sudah melakukan Smart, yaitu beberapa hal yang berhubungan dengan perkiraan-perkiraan target, waktu, biaya dan kemampuan dan kegiatan yang akan dicapai. Oleh karena itu Rakor hari ini saya anggap Rakor yang sangat Luar Biasa,” ungkap Tejo Sambil memberikan A Plus kepada seluruh Peserta Rakor.

Menurut informasi yang diterima, terdapat 7 point Resolusi yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Banten di Tahun 2023, Percepatan pelaksanaan kegiatan dan anggaran pada periode awal tahun, Penuhi dan sukseskan target indikator kinerja Kantor Wilayah, meningkatkan Sense of Ugency dan persiapkan rencana Kontinggensi dalam penanganan pencegahan dan pemulihan atas peristiwa Force Majeur, Lakukan Anev secara berkala, tingkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder, Penguatan Kompetensi SDM dan Optimalisasi Pelayanan Publik.

BACA JUGA :  Antusias Kolaborasi ORKES Organisasi Kreasi Serang dan AGM Aje Gawe Maras Latihan Dangdut Bersama

Sedangkan untuk Anugrah Capaian Kinerja di tahun 2022 ini, Lapas Cilegon, Lapas Rangkasbitung dan Lapas Pemuda Tangerang menerima Penghargaan Publikasi Terbaik. Kantor Imigrasi Tangerang, Lapas Kelas II Tangerang dan Lapas Rangkasbitung menerima Penghargaan Pengelolaan Arsip Terbaik. Dan yang terakhir Rutan Pandeglang, Lapas Pemuda dan Lapas Kelas IIA Tangerang menerima Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik.

*Puskominfo Indonesia*

Cyber_Red
M.s

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%