Gelar Sebuah Keterampilan, Kelurahan Sepang Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Minyak

Redaksi
0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

cyberinvestigasi.com, 03 Desember 2020, Serang kota – Sebagai upaya bentuk pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Kota Serang Provinsi Banten, memberikan pelatihan ketrampilan warga.

Untuk selebihnya dalam pelatihan pemberdayaan masyarakat ini terdiri dari unsur masyarakat umum dan kader di wilayah Kelurahan.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dibuka secara resmi oleh Kepala kelurahan Sepang Heruji S.Pdi.,M.Si, di Kantor Kelurahan,
Pihaknya ingin mengimplementasikan Perwal (Peraturan Walikota) Nomor 02 tahun 2019, tentang pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan, yang kemudian akan disesuaikan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kamis, (3/12/20)

Dikesempatan acara, Heruji, dirinya menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya pembuangan limbah minyak goreng, yang mana secara langsung menjadi salah satu alasan bagi pemerintah kelurahan Sepang untuk memberikan pelatihan pembuatan pembersih dari minyak jelantah untuk masyarakatnya.

 

IMG 20201215 WA0008

Pelatihan pembuatan pembersih dari minyak jelantah diharapkan agar masyarakat mampu meningkatkan nilai ekonomis limbah rumah tangga khususnya minyak goreng bekas dan mengurangi pembuangan limbah rumah tangga secara langsung ke lingkungan.” Terangnya.

Pelatihan pembuatan pembersih dari minyak jelantah langsung di berikan materi oleh Hj Erna yuliawati, ketua yayasan safari permadani rahayu yang di tunjuk sebagai nara sumber dalam kegiatan ini.” ucapnya.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan sabun yaitu minyak jelantah, minyak kelapa, larutan alkali (NaOH), fragrance oil dan arang aktif.

“Mula-mula minyak jelantah di murnikan terlebih dahulu menggunakan arang aktif dengan perbandingan minyak dan arang aktif sebanyak 4:1. Minyak yang telah dimurnikan kemudian disaring dan siap diolah menjadi pembersih. Kemudian minyak tersebut dicampur dengan minyak kelapa dengan perbandingan 9:1 (minyak jelantah:minyak kelapa).

Fungsi dari minyak kelapa yaitu untuk menambah buih pada pembersih. Kemudian tambahkan larutan NaOH ke dalam campuran minyak lalu diaduk hingga mengental. Langkah terakhir yaitu menambahkan fragrance oil (pewangi) ke dalam adonan pembersih dan siap di gunakan.” Tutupnya.

Cyber/Red
Ogan H.S.
Kabiro Serang kota

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Pemerintah Kelurahan Sepang dan Warga Masyarakat Lakukan Perbaikan Jalan Hotmix Dengan Hasil Swadaya

cyberinvestigasi.com, 15 November 2020, Serang kota – Sepanjang 200 meter jalan di lingkungan Sepang Sempu yang semula rusak, dan bahkan sering ada warga yang menjadi korban jatuh dari motornya di karenakan jalan yang rusak dan menanjak. Akhirnya warga RW. 10 Lingkungan Sepang Sempu, Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Kota Serang secara […]
IMG 20201215 133131

Subscribe US Now