Kelurahan Margaluyu Tingkatkan Masyarakat Dalam Sebuah Pemberdayaan Pangan dan Perekonomian

centerweb
0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

cyberinvestigasi.com, 8 Oktober 2020, Serang kota – Disaat situasi pandemi Covid-19 yang menyerang negeri kita Indonesia, banyak masyarakat yang jelas jelas sudah terkena dampaknya. Bahkan tak sedikit masyarakat yang banyak mengalami kekurangan bahan makanan, salah satu Solusinya adalah dengan bercocok tanam.

Sebab, untuk bercocok tanam tidak membutuhkan lahan yang luas, namun lahan sempit pun bisa dimanfaatkan seperti halnya untuk menanam sayur-sayuran yang bisa untuk dimakan.
Seperti yang dilakukan oleh warga kelurahan Margaluyu, kecamatan Kasemen Kota Serang.
yang telah menjalankan program tanaman Hidroponik.

Mereka menanam sayur-sayuran seperti bayam, kangkung dan beberapa sayur lainnya untuk menjalankan program ketahanan pangan di tengah pandemi.
Covid-19 merubah konstelasi ekonomi masyarakat secara drastis.

“Tujuannya karena saat ditengah Covid-19 ini kan banyak masyarakat yang miskin mendadak, karena kalau dilihat ada rumah, ada kendaraan tapi tidak bisa makan.
Nah dengan berkebun seperti ini masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah,” tutur Kepala kelurahan Margaluyu, PLT Mujino.SE. Kamis
8/10/2020.

Mujino, juga menjelaskan bahwa hasil tanaman sayur bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya yakni daun bayam yang diolah untuk dijadikan makanan keripik.

“Seperti ini daun bayam ini akan kita goreng untuk kita jadikan keripik yang sebetul nya, nanti keripik bayam ini bisa menjadi bagian dari UMKM yang bisa menghidupkan perekonomian masyarakat di tengah pandemic Covid-19,” jelas Mujino.
Tak hanya itu, pihaknya juga mendatangkan Lembaga konsultan Perencanaan dan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Al-Hikmah Banten (LKP4M) untuk memberikan penyuluhan kepada warga tentang bagaimana cara menanam meskipun lahan di rumah kita sempit,” ucapnya.

“Selain itu kita juga akan memberikan bibit kepada warga yang memang sangat antusias untuk bercocok tanam,” tambahnya.
Mujino berharap, bagi masyarakat yang mau dan sudah melakukan bercocok tanam Hidroponik untuk melanjutkan programnya, sebab menurut nya manfaat dari bercocok tanam di tengah perkotaan akan sangat membantu dalam situasi yang sangat sulit.

“Hari ini sedang menyiapkan masa-masa sulit yang mungkin bisa dihadapi oleh siapapun tak perlu hari ini, tapi ke depan mungkin besok lusa, atau berikutnya kita bisa mempersiapkannya dengan baik. Dengan solusi ini (tanaman Hidroponik) bisa membantu masyarakat dalam memnuhi kebutuhan sehari hari,” pungkasnya.

Cyber/Red
Penulis: Ogan s

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Holiwings Surabaya Kebal Hukum, Penegak Perda Dan Dinas Pariwisata Tidak Punya Nyali Untuk Menindak

Surabaya – Banyaknya tempat hiburan malam di Kota Pahlawan Surabaya tutup semuanya, seperti Bar, Diskotik,Cafe,Club malam,panti pijat dan sejenis atau RHU (rekreasi hiburan umum) dikarenakan dunia lagi tertimpa musibah penyakit menular banyak masyarakat berupaya tetap untuk bertahan hidup ditengah penyakit yang mewabah. pemerintah selalu menyarankan untuk tidak melanggar protokol kesehatan […]
65cabe07 2605 4706 95f2 be33dd43cec3

Subscribe US Now