Screenshot 20230813 071654 Samsung Internet

Tampilkan Tarian Indonesia oleh Puluhan Pemuda Pemudi dari 32 Negara Penerima BSBI

0 0
Silahkan Share
Read Time:1 Minute, 45 Second

cyberinvestigasi.com, Jakarta – Dari puluhan muda-mudi mancanegara selaku penerima beasiswa seni dan budaya Indonesia (BSBI), telah menampilkan tarian nusantara yang terdiri dari beberapa daerah di Indonesia, pada malam seni dan budaya Indonesia Channel 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu malam.

Para penari tersebut diantaranya terdiri atas 45 pemuda dan pemudi dari 32 negara di Asia, Afrika, Eropa, dan Pasifik-Oseania.

Para siswa tersebut sebelumnya telah belajar tarian, musik, dan bahasa Indonesia selama dua bulan di sanggar seni di lima wilayah di Indonesia yaitu Bali, Padang, Kutai Kartanegara, Banyuwangi, dan DKI Jakarta.
Adapun tarian yang ditampilkan pada malam seni dan budaya Indonesia Channel 2023, antara lain Tarian Puspawresti (Bali), Tarian Randai (Padang), Tari Dayak (Kutai Kartanegara), Paju Gandrung (Banyuwangi), dan Mpok Cantik (DKI Jakarta).
Sabtu, (12-8-2023)

Pada kesempatan berlangsung nya acara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan bahwa para peserta dan alumni BSBI adalah aset penting, yang tidak hanya sebagai duta budaya Indonesia, tetapi juga merupakan agen perdamaian di tengah dunia yang kini mengalami krisis kepercayaan.

“Ini adalah peran strategis para alumni sebagai agen perdamaian dan kolaborasi yang membuat dunia lebih damai dan harmonis,” ucap Retno, saat membuka kegiatan Indonesia Channel 2023 di Jakarta, Sabtu kemarin.

Salah satu penampil asal Inggris, Iva Micanovic, dirinya telah mengaku bangga bisa menjadi bagian dari peserta BSBI dan belajar seni dan budaya Indonesia, apalagi dia merupakan mahasiswi musik yang mempelajari gamelan di kampusnya.

“Saat saya kembali ke negara saya nanti, tentunya saya akan mempromosikan Indonesia kepada teman-teman saya, saya akan mengajak mereka ke restoran Indonesia,” ucap Micanovic, yang telah turut menampilkan tarian asal Bali, Puspawresti dan Satya Brasta.

BACA JUGA :  Sempurnakan Materi Munas BPP HIPMI Gelar Rakornas

Untuk BSBI itu sendiri, adalah merupakan salah satu program Kementerian Luar Negeri dalam upaya mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia, dengan cara memberikan beasiswa kepada para pemuda dari berbagai negara.

Sejak penyelenggaraan pertama pada 2003, BSBI telah menghasilkan 1.024 alumni dari 83 negara.
Bahkan Kemlu telah mencatat alumni BSBI telah aktif mempromosikan Indonesia di 83 negara.

Bahkan telah diketahui juga, bahwa mereka sering dilibatkan dalam berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia di negaranya masing-masing.

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%