Dirbinmas: Hadiri Acara Seren Tahun Riungan Adat. “Mageuhkeun Pager Sabeungkeutan Ngaraksa Alam Gunung Liman

Redaksi
IMG 20211010 204033 1
0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

Cyberinvestigasi.com, 10 Oktober 2021, Lebak Banten – Ritual Seren Tahun, atau juga biasa disebut dengan syukuran yang merupakan sebuah tradisi adat dengan cara menggelar acara ririungan bersama serta dengan diisinya berbagai rupa macam jenis acara acara hiburan lain, seperti pagelaran seni budaya pencak silat dan juga pertunjukan atraksi Debus Banten.

Gunung Liman, merupakan sebuah gunung yang berada di wilayah Kabupaten Lebak Banten, tepatnya berada di Kp. Cibarani Desa Cibarani Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak.
Gunung Liman, selain dari gunung yang memiliki sejuta potensi kekayaan alam dengan memiliki luas area hutan produktif, Gunung Liman juga dinyatakan memiliki sejarah yang menjadikan warga masyarakat sekitar selalu berkesempatan melakukan acara syukuran yang biasa disebut “Seren Tahun”
Minggu, (10-10-2021).

Hadir pada pembukaan Acara para undangan yang terdiri dari berbagai Tokoh kasepuhan dari berbagai masing masing Desa untuk hadiri kegiatan acara syukuran tersebut. Seperti telah jadi yang terdiri dari unsur TNI-Polri, yang mana juga dengan telah hadir dikesempatan acara Dirbinmas Kombes Pol. Riki Yanuardi SH MSi selaku yang mewakili Polda Banten, beserta jajaran anggota Polres Lebak-Poksek Cirinten Kabupaten Lebak, unsur Muspika yang dihadiri Bhabinkamtibmas juga Babinsa, Bunda Ratu Hrum Sari, pendiri PDBI (Persatuan Debus Banten Indonesia) dan beberap tokoh undangan lainnya yang datang dari luar wilayah Lebak.

Seperti diketahui pada sebelumnya, telah dikatakan Dulhani, adalah merupakan Tokoh Ketua Adat Cibarani sekaligus sebagai Kepala Desa Cibarani Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak.
Dalam penyampaian dirinya menyampaikan bahwa syukuran acara seren tahun kali ini adalah acara rutin tahunan yang telah berkesempatan menginjak pada Kegiatan Acara yang Ke- 527 Tahun, tepatnya di tahun saat ini, yang jatuh pada hari Minggu 10 Oktober 2021.

“Alhamdulillah di hari syukuran Seren Tahun kali ini betul adalah acara rutin peringatan yang ke-527 dan yang di lakukan setiap setahun sekali, jelas Dulhani, Ketua Adat Cibarani Gunung Liman Lebak-Banten, jelasnya.

Juga Kembali menambahkan, menurut Ketua Adat Cibarani bahwa di kesempatan acara kali ini digelar secara sederhana, sehubungan mengingat sebuah penerapan tentang pemberlakuan yang diterapkan secara kebijakan oleh pemerintah Pusat maupun Daerah, yakni PPKM.

“Terlepas dari itu, Alhamdulillah semua kegiatan acar telah berjalan Lancar Aman Serta terkendali, Taklupa Saya Ucapkan banyak terima kasih kepada Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol. Riki Yanuardi SH MSi, atas izin dan ridho serta kuasa Allah, beliau beserta jajaran anggota Polres Lebak-Polsek Cirinten berkesempatan hadir di acara ini, dan berkat kerjasama dan dukungannya Acara berjalan sesuai harapan bersama, pungkasnya.

Ditempat terpisah, dan pada kesempatan berjalannya acara juga dibenarkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Cibarani, Brigpol. Rendy Ardian, yang juga mengatakan bahwa dalam giat semua acara sudah berjalan sesuai rencana, bersama Babinsa dan segenap warga masyarakat sekitar Kami yang mewakili Polsek Cirinten sangat mengapresiasi terhadap antusias warga yang sekaligus sudah bersama sama menciptakan pelaksanaan kegiatan berjalan secara tertib, jelasnya.

*Puskominfo Indonesia*
Cyber-Red

(Mpap Suprapto)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Dirbinmas: Hadir di Acara Seren Tahun Riungan Adat Cibarani "Mageuhkeun Pager Sabeungkeutan Ngaraksa Alam Gunung Liman

Cyberinvestigasi.com, 10 Oktober 2021, Lebak Banten – Ritual Seren Tahun, atau juga biasa disebut dengan syukuran yang merupakan sebuah tradisi adat dengan cara menggelar acara ririungan bersama serta dengan diisinya berbagai rupa macam jenis acara hiburan lain, seperti pagelaran seni budaya pencak silat dan juga pertunjukan atraksi Debus Banten. Gunung […]
IMG 20211011 WA0097

Subscribe US Now