Gelar Apel Guna Tangani Karhutla: TNI dan Polri telah Siaga di Kalbar

cyberinvestigasi.com, Pontianak- Personel TNI dan Polri di wilayah Kalimantan Barat disiagakan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah tersebut.

“Semua harus bahu membahu mencegah dan menanggulangi karhutla sampai ke tingkat desa,” kata Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan, di Pontianak.
Kamis, (3-8-2023)

Juga telah di sampaikannya, bahwa hal tersebut adalah sebagai wujud kesiapsiagaan jajaran TNI dan Polri, beserta pemerintah daerah dan sejumlah pihak terkait.
Paparnya dalam sebuah penyampaian apel, pada Rabu (2/8) kemarin, saat melaksanakan apel gelar pasukan persiapan guna menghadapi karhutla di wilayah Kalimantan Barat.

Menurutnya, dalam mencegah dan mengatasi karhutla perlu ditingkatkan sinergi semua pihak, sebab penanggulangan karhutla merupakan tugas bersama.

“Upaya edukasi harus terus dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan,” katanya.

Dia berharap agar seluruh jajaran TNI di Kalimantan Barat hingga babinsa selalu bersinergi dan berkomunikasi yang baik dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, yang perlu dilakukan dalam penanggulangan karhutla yaitu sinergisitas dan pencegahan.

Menurut Kapolda Pipit, selain itu juga sangatlah perlu dilakukan yaitu deteksi dini pencegahan karhutla, serta memberikan pemahaman kepala masyarakat dan semua pihak.

“Saat ini kami sedang bersama-sama menurunkan tim dari pusat juga melakukan backup Kalimantan Barat untuk melakukan mitigasi lahan gambut”, kemudian akan melakukan pemetaan dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah strategis,” katanya.

Selain itu, kata dia, dalam kesetersebut jajaran Polda Kalbar juga telah menyiapkan sarana dan melakukan pemetaan kembali lokasi atau titik-titik rawan terjadi kebakaran hutan, juga melakukan monitoring hotspot dan segera memadamkan api.

“Kami selalu siap berkolaborasi dan sinergis untuk penanggulangan karhutla di Kalimantan Barat,” ucap Pipit.

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red