Screenshot 20230721 083146 Video Player

Pada Hari Akhir Pelaksanaan MPLS: SMK-N 6 Kota Serang juga Gelar Upacara Penutupan

0 0
Silahkan Share
Read Time:2 Minute, 57 Second

cyberinvestigasi.com, Serang Banten – Pada salah satu tingkat sekolah kejuruan yang berada di Wilayah Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten yakni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN-6) Kota Serang, telah berkesempatan menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Diketahui juga bahwa pada kegiatan MPLS di SMKN-6 Kota Serang telah dilaksanakan dari tanggal ( 17; 18 dan20 Juli 2023, dan pelaksanaan kegiatan MPLS tersebut telah dihadiri langsung oleh semua siswa-siswi baru kelas X dari masing masing kejuruan, seperti halnya pada kejuruan TKJ, Akuntansi, Tek.Sepeda Motor; Tek.Pengekasan dan Fabrikasi Logam.
Kamis, (20-7-2023).

Hj. Ani Risma, S.Kom., M.Pd,. selaku Kepala SMKN-6 Kota Serang dalam satu kesempatan nya saat memimpin upacara bersama dalam penutupan kegiatan MPLS mengatakan, bahwa kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tentunya adalah merupakan sebuah bentuk pengenalan lingkungan sekolah bagi para siswa-siswi anak didik baru tahun ajaran 2023-2024, serta untuk memperkenalkan program-program metode belajar, sarana, maupun prasarana.

Screenshot 20230721 083211 Video Player“Kegiatan ini juga merupakan tujuan yang berisikan konsep pengenalan diri dan pembinaan awal terhadap kultur sekolah, serta pengenalan ekstrakurikuler yang ada di SMKN-6 Kota Serang,” terangnya.

Juga kembali di sampaikan Hj. Ani Risma, S.Kom., M.Pd,. pelaksanaan MPLS juga telah disesuaikan dengan ketentuan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, yang mana MPLS dapat dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan”,
Dan selain itu, MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut, sambungnya.

Sementara itu di tempat terpisah dan pada kesempatan waktu yang bersamaan, Drs. Muhammad, yang mana adalah merupakan selaku ( Wakil Kepala Bidang Kesiswaan) SMKN-6 Kota Serang saat dijumpai di ruang guru juga membenarkan bahwa menurutnya dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, MPLS juga bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain seperti halnya terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

BACA JUGA :  MDTA AL-IKHWAN Gelar Acara Ikhtifal Kenaikan Kelas dan Perpisahan Kelas IV

“Yang jelas, juga menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru, juga untuk bisa mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya, dan dapat menumbuhkan perilaku positif antara lain terkait sifat kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” tegasnya.

Diketahui juga untuk penerimaan anak didik tahun ajaran 2023-2024 saat ini ada sebanyak (372) Siswa/siswi = sebanyak 144 Siswi dan sebanyak 228 Siswa; yang menjadi anak didik baru di SMKN-6 Kota Serang Provinsi Banten, yang beralamatkan di Kelurahan Priyai Kecamatan Kasemen, Kota Serang Provinsi Banten.

Screenshot 20230721 083330 Gallery

Selanjutnya masih dikatakan Drs. Muhammad, kepada cyberinvestigasi.com menjelaskan beberapa harapan yang saat ini menjadi tujuan utama dalam pencapaian kemajuan sebuah sekolah di SMKN-6 Kota Serang, seperti halnya mengenai Pendidikan Unggulan yang mana dinyatakan bahwa untuk Provinsi Banten ini khususnya wilayah Seragon (serang-cilegon) SMKN-6 ini merupakan sekolah yang ditunjuk untuk pelaksanaan tersebut.

“Pendidikan Unggulan ( PK = Pusat Unggulan ) ini merupakan pembinaan dan peningkatan belajar siswa-siswi dari masing masing kejuruan.
Selain dari itu, SMKN-6 juga memberikan pembekalan belajar pada pelaksanaan kepramukaan, guna untuk mengetahui siswa siswi kls x dalam minat pramuka”,
Sebab menurut dirinya kepramukaan juga merupakan hal pembelajaran yg diwajibkan, imbuh Drs. Muhammad, selaku (Wakil Kepala Bidang Kesiswaan)

“Yang terpenting juga, bahwa dengan telah meningkat dan bertambahnya masyarakat yang belajar di SMKN-6 Kota Serang ini, Kami membutuhkan Room-bel (ruang belajar) tambahan.
Sebab semakin tahun, alhamdulillah peserta didik ajaran baru bagi siswa-siswi di SMKN-6 terus bertambah”, Tutup Drs. Muhammad di akhir penyampaian.

BACA JUGA :  Bagi Penyelenggara Pilkada 2020, Kecamatan Cinangka Lakukan Raphid Test Serentak

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%