IMG 20230719 WA0035

Pemeriksaan Kinerja Manajemen Rutan Kelas I Cipinang oleh BPK RI

0 0
Silahkan Share
Read Time:1 Minute, 57 Second

cyberinvestigasi.com, Jakarta – Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang juga didampingi Tim Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) berkesempatan menyambangi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dalam rangka melaksanakan Pemeriksaan Atas Kinerja Manajemen Pemasyarakatan Tahun 2020 s.d. Semester I Tahun 2023 di Rutan Kelas I Cipinang, pada Selasa, (18/7/23).

Kedatangan rombongan Tim BPK RI yang berjumlah 10 orang dikomandoi oleh Sri Mulyani, adalah selaku Pengendali Teknis I BPK RI, diterima langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali, beserta Pejabat Struktural dan Pegawai Rutan Cipinang.
Kegiatan ini diawali dengan memberikan paparan terkait Kinerja Manajemen Pemasyarakatan Tahun 2023 oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang.

Dalam paparannya, Sukarno Ali, menyampaikan secara singkat terkait tugas dan fungsi pada Rutan Kelas I Cipinang, dan apa saja inovasi yang sudah dibangun serta hal-hal yang sudah di lakukan selama tahun 2023 di Rutan Kelas I Cipinang.

Selanjutnya Tim pemeriksa melakukan wawancara dan evaluasi terhadap Pejabat dan Pegawai Rutan Kelas I Cipinang, dan kemudian tim berkeliling untuk mengecek keadaan di dalam Rutan seperti halnya pada ruang layanan kunjungan, sarana prasarana, ruangan server, poliklinik, dapur sehati, area bimbingan kegiatan serta sarana prasarana Keamanan dan Ketertiban.

Sri Mulyani, selaku Pengendali Teknis I BPK RI mengatakan bahwa Pelaksanaan pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan pendahuluan atas kinerja pemasyarakatan pada Dirjen PAS, yang mana tujuannya adalah menggali info sebanyak mungkin terkait 9 aspek yang antara lain pelayanan yang di berikan lapas/rutan kepada para pengguna layanan termasuk pengelolaan barang sitaan atau rampasan.

BACA JUGA :  KPK Sebut Rafael Alun Sudah Lakukan Pencucian Uang Sejak 2003

“Dengan hasil pemeriksaan ini, nantinya Tim BPK RI akan melakukan diskusi dengan seluruh Direktorat yang ada di Dirjen Pas dalam merumuskan topik yang akan di perdalam untuk memberikan rekomendasi strategis yang akan memberikan banyak manfaat untuk kemajuan Kemenkumham,” Ucapnya

Selain itu Sri Mulyani, juga memberikan tanggapan baik atas aplikasi Senyaman Ruci, karena aplikasi Senyaman tersebut sangat membantu masyarakat atau pengguna layanan, meskipun masih ada yang kurang menguasai teknologi”, pegawai ruci dengan senang hati menerangkan sembari memberikan tutorial tentang cara penggunaannya.

“Pelayanan seperti ini bagus, karena lebih transparant bebas dari pungli, efektif dan efisien dari segi waktu,” sambungnya.

Dan diakhir dengan kegiatan, Kepala Rutan Kelas I Cipinang mengatakan,

“Semoga dengan kedatangan Tim BPK RI ini dalam melakukan pemeriksaan menjadi suatu perbaikan untuk Rutan Cipinang demi terpenuhinya target Kinerja Manajemen Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2023,” tutup Sukarno Ali.

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%