IMG 20240201 WA0023

Apa Itu Gemapatas yang Dilaksanakan Sebagai Tahap Awal Pelaksanaan PTSL

0 0
Silahkan Share
Read Time:1 Minute, 35 Second

Cyberinvestigasi.com, Serang – Dalam rangkaian acara Penyerahan Sertipikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Lintas Sektor (Lintor) Tahun Anggaran 2023 yang selenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Serang Rabu (31/01/2024), dilaksanakan juga Pelantikan Panitia Ajudikasi PTSL Tahun Anggaran 2024, Pemasangan Patok Tanda Batas Tanah secara Simbolis sebagai tanda dimulainya Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas), dan Gerakan Masyarakat Pengumpulan Data Yuridis (Gemadadis).

Pada acara yang berlangsung di Kampung Cipayung, Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Serang Yayat Ahadiyat Awaludin menyampaikan, “Gemapatas dan Gemadadis merupakan amanah dari ketentuan dalam petunjuk teknis PTSL yang menerangkan bahwa tahap awal setelah pelantikan panitia ajudikasi PTSL hal pertama yang dilakukan adalah Gemapatas,” ujarnya.

Ditemui setelah acara, Yayat menjelaskan lebih lanjut teknis pemasangan patok secara simbolis yang dilakukan oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto. Yayat meminta masyarakat yang tanahnya belum memiliki batas tetap seperti pagar atau tembok agar memasang tanda batas atau patok bidang tanah.

“Masyarakat memiliki kewajiban dalam menjaga batas tanahnya dengan memasang tanda batas tanah atau yang lebih dikenal dengan patok sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Yayat melanjutkan bahan patok, dapat terbuat dari beton, kayu, pipa besi atau pipa paralon dengan ukuran panjang sekurang-kurangnya 50 cm dan bergaris tengah sekurang-kurangnya 5 cm. Cara pemasangannya, patok dimasukkan ke dalam tanah sepanjang 30 cm, sedang selebihnya 20 cm sebagai tanda di atas tanah.

BACA JUGA :  Penentuan Pemenang Sayembara Desain Tugu Pamulang Oleh Pemda Provinsi Banten

Yayat juga meminta masyarakat memastikan penanda batas tanah bidang yang dimiliki dipasang pada titik yang sudah di setujui oleh pemilik tetangga batas. Pemasangan tanda batas ini, selain membantu dalam memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan mengukur serta memetakan tanah dalam rangka sertipikasi, pemasangan patok juga meminimalisir konflik maupun sengketa batas tanah antar masyarakat.

Sudah tahukan pentingnya Gemapatas…yuk partisipasi amankan tanahmu dengan langkah awal pasang patok tanah, biar anti caplok, anti cekcok!.

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%