Jokowi Minta Pembangunan Pertanian Harus Menjadi Perhatian Bersama

centerweb
0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

cyberinvestigasi.com, 11 Januari 2021, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menegaskan bahwa pembangunan pertanian harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, agar Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Terlebih kata Jokowi, saat ini sektor pertanian menempati posisi yang sangat sentral karena terbukti mampu bertahan dari ancaman krisis.

“Penduduk Indonesia sudah 273 juta lebih sehingga pengelolaan pangan betul-betul harus diseriusi,” ujar Jokowi, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 di istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.

Untuk selanjutnya menurut Jokowi, pembangunan pertanian tidak bisa dilakukan dengan cara yang konvensional, Namun harus dilakukan dengan terobosan serta inovasi yang bisa mendongkrak pertumbuhan pertanian yang berkelanjutan.

“Oleh sebab itu perlu membangun economi scale melalui food estate.
Saya ingin tahun ini sudah disemaikan agar bisa kita evaluasi bersama,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah memiliki program jangka panjang bernama food estate.
Program ini merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi yang mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di satu kawasan.

“Jika produktivitas kita meningkat kita bisa mengurangi ketergantungan akan impor dan nanti food estate ini akan kita lakukan di Provinsi lainnya dengan dana dari APBN,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, juga turut berkesempatan menyampaikan rasa terimaksih atas perhatian dan araha Presiden Jokowi, dalam pembangunan pertanian.
Menurut Mentan, sebab pertanian adalah sektor yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dunia. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas adalah pilihan yang wajib dilakukan semua pemerhati pertanian Indonesia.

“Demi mendukung arahan Presiden kami memiliki Cara Bertindak (CB) 1 sampai 5 dan kami siap melakukannya di lapangan,” tutup Mentan.

Cyber/Red
(M.s.)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Titik Tekan Tiga Kebijakan Pemerintah Kapolri Kembali Terbitkan Surat Telegram

cyberinvestigasi.com, 13 Januari 2021, Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali menerbitkan Surat Telegram Kapolri guna mendukung kebijakan pemerintah terkait reforma agraria dan ketahanan pangan. Dalsm Surat Telegram Kapolri nomor ST/41/I/Ops.2./2021 tertanggal 12 Januari 2021 yang diterbitkan itu berisi tentang langkah Polri dalam mendukung upaya pemerintah membangun ketahanan pangan […]
8a6487f6 16bf 4c63 8dab 8c22c5799c39

Subscribe US Now