KPU Dan Pemkab Teken MoU Daftar Pemilih Berkelanjutan

Redaksi
0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

cyberinvestigasi.com, 15 Maret 2021, Serang kabupaten – Kondisi masyarakat yang dinamis, dimana terus berubah mulai dari lahir hingga meninggal maka dianggap penting melakukan pemutakhiran data pemilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Bulan Maret tahun 2021 di Hotel Ledian, Kota Serang pada Senin (15/3/2021).

Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Serang. DPB tersebut diagendakan akan diupdate dengan periode 3 bulan sekali agar datanya lebih efektif.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan tujuan dari dilakukannya pemutakhiran data pemilih tersebut agar mendapat data yang akurat, akuntabel, dan berkualitas.

“Sejauh ini KPU sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan DPB, daftar pemilih pasti akan selalu berubah oleh karena itu upayanya dilakukan update pertiga bulan sekali,” ujarnya.

Abidin mengungkapkan upaya lain yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Serang untuk menyukseskan pemutakhiran DPB adalah dengan membuat sebuah aplikasi ‘Sistem Informasi Kumpulan Arsip Kepemiluan’.

“Jadi semua kumpulan arsip kepemiluan termasuk hasil pilkada, siapa pemenangnya, semua akan ada di aplikasi itu,” ungkap Abidin.

Ia juga mengatakan bahwa untuk pemutakhiran data tersebut membutuhkan koordinasi dengan instansi-instansi terkait yakni terutama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Tidak hanya membutuhkan koordinasi dengan instansi-instansi tersebut, lanjut Abidin, sosialisasi ke masyarakat yang harus dilakukan oleh para kepala desa dan para camat juga menjadi sebuah faktor penting.

“Masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam mendaftarkan dirinya baik itu data pemilih pemula, data pemilih yang berpindah tempat tinggal, maupun data yang meninggal,” tuturnya.

karena lanjut Abidin, sehebat apapun pengelolaan yang kita buat jika masyarakat nya tidak mendukung maka tidak ada apa apanya, mengingat setiap tahun data pemilih itu berubah karena ada yang datang ada yang pergi, ada yang kemarin belum 17 tahun sekarang sudah 17 tahun, jelasnya.

“Pada Pilkada kemarin saya mengucapkan terimakasih atas kesadaran masyarakat yang luar biasa, kerja keras dari Disdukcapil juga luar biasa, serta TNI – POLRI yang berupaya memberikan keamanan, sehingga Pilkada berjalan aman dan lancar. Tentunya kami tidak puas sampai disitu, saran, masukan dan kritik juga kami harapkan agar kami bisa menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Cyber/Red  (Taty)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Pemkab Usulkan Raperda 29 UPT Disdukcapil

cyberinvestigasi.com, 15 Maret 2021, Serang Kabupaten – Untuk memaksimalkan pelayanan yang mudah murah dan efisien terhadap masyarakat, Pemerintah Kabupaten Serang usulkan Raperda agar kedepan semua kecamatan memiliki Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, demikian diungkapkan Ratu Tatu Chasanah Bupati Serang dalam acara penandatanganan MoU Daftar Pemilih Berkelanjutan ( […]
IMG 20210316 WA0030

Subscribe US Now