IMG 20220210 120840

Pada Momentum Hari Pers Nasional: Media Online Serta Wartawan Harus Perkuat Profesionalisme Untuk Perubahan

1 0
Silahkan Share
Read Time:1 Minute, 50 Second

Cyberinvestigasi.com, Bogor — Pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), yang diselenggarakan tepat pada 9 Pebruari 2022, harus menjadi momentum bagi perusahaan media online maupun wartawan guna meningkatkan profesionalisme kerja profesi dalam menghadapi sebuah perubahan pada industri media di era revolusi industri.

Hal tersebut juga telah disampaikan oleh Diansyah Putra Gumay, selaku Pimpinan Umum PUSKOMINFO Indonesia (Pusat Komunikasi Informasi Indonesia) yang juga sekaligus merupakan sebagai Pimpinan Perusahaan Media PT. Sidney Mandiri Karya, kepada media terkait Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kantor Pusat Puskominfo Indonesia yang beralamatkan Bogor-Jawa barat.

Menurut dirinya selaku wartawan senior yang juga kerap dengan sapaan Abah Gumay , bahwa revolusi industri telah membawa perubahan radikal dalam industri media, yang membuat media online tumbuh seperti jamur di musim hujan, mulai dari Desa hingga Kota.

IMG 20220210 120756 1

Saat ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kementerian Informasi dan Komunikasi, sedikitnya ada 45 ribu Media Online di Indonesia, baik yang berbadan hukum maupun tidak”,
Namun setidaknya dengan banyaknya media online tentu akan sangat baik bagi kemajuan bangsa.

“Sebab dengan adanya hal tersebut, tidak hanya dapat membuka sebuah lapangan kerja, tapi juga mendorong transformasi informasi hingga kemasyarakat bawah, serta dalam transparansi pengelolaan negara, jelas Diansyah Putra Gumay”,
yang kemudian dirinya juga kembali menambahkan.

“Namun jika tidak disikapi dengan bijak, waspada dan hati-hati bahwa keberadaan Media Online dapat menjadi kontraproduktif bagi pembangunan bangsa.
Yang justru berakibat bukan mencerdaskan bangsa, namun sebaliknya bisa merusak bangsa,” tegas Gumay.

Untuk itu, media online dan para wartawan harus terus mengembangkan sikap profesional medianya, serta peningkatan kompetensi para wartawan agar kedepan media online dan wartawan lebih baik lagi kualitasnya, agar tidak terjerat pada pelanggaran UU ITE

BACA JUGA :  UU Cipta Kerja Tingkatkan Kemudahan Dalam Berusaha dan Ciptakan Lapangan Kerja

Menurutnya, media dan wartawan yang tidak profesional akan ditinggal pembaca. Apalagi terjebak menjadi media penyebar hoax, intoleransi dan radikalisme.
Atau menjadi alat propaganda negatif.

“Melalui Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), saya mengajak seluruh rekan Perusahaan media online dan wartawan untuk meningkatkan profesionalisme”,

Agar kedepan kehadiran media online tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat, pemerintah maupun dunia usaha,” tegas Gumay.

Untuk itu, sebagai Pimpinan Umum PUSKOMINFO Indonesia, dirinya akan memasifkan pendidikan kompetensi dan sertifikasi kepada perusahaan media online maupun wartawannya guna menghadapi perubahan.

“Khususnya bagi media media yang sudah tergabung di Puskominfo Indonesia, tutupnya diakhir penyampaian.

*Puskominfo Indonesia*

Cyber-Red
M.s

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%