Perhutani dan Bara-Jp Lebak, Bersama-sama Sosialisasikan PHBM Kepada LMDH Desa Sangiangjaya

centerweb
1 0
Read Time:2 Minute, 50 Second

cyberinvestigasi.com, 14 Januari 2021, Lebak banten – Untuk lebih meningkatkan kesepahaman, guna persepsi program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), Pihak perhutani Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lebak beserta Ormas Bara-Jp PPC lebak, bersama menggelar sosialisasi PHBM kepada masyarakat sekitar hutan Desa Sangiangjaya, Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak- banten, dan bertempat di Aula Desa Sangiangjaya, Kamis kemarin,(14/1/2021).

Pada kesempatan acara, ucapan rasa syukur disampaikan oleh Usep Fahlaludin, Kepala Desa Sangiangjaya Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak Provinsi Banten.
Taklupa juga Usep,
Dalam sambutan nya selaku Kades Sangiangjaya amat berterima kasih atas krhadirannya diacara tersebut.

IMG 20210115 WA0025

“Asper BKPH Rangkasbitung Lebak Bapak Lucky, dan juga pendamping LMDH provinsi bagian wilayah banten timur H. Irman.
Bapak H. Jamaludin Ramli, S.E, selaku ketua Ormas Bara-Jp Lebak, dan Kepada Bapak Asja, selaku ketua LMDH Desa Sangianjaya, beserta anggota LMDH Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar hutan Sangiangjaya, Semoga kerjasama antara perhutani maupun LMDH, serta seluruh masyarakat akan lebih baik dan mampu mewujudkan kesejahteraan bersama, ucapnya. Usep, juga menambahkan,

“Terlebih lagi, warga masyarakat juga diminta untuk memiliki kesadaran nya, jangan berprilaku sesuai keputusan atau cara sendiri, sebab jika mengacu pada satu dasar ketentuan hukum yang berlaku, pemerintah daerah yang melalui perhutani juga memiliki tata cara dan satu aturan teknis dan mekanisme kerja yang harus bersama kita ikuti, terlebih mengenai hal Pajak dan PAD, adalah merupakan sesuatu hal kewajiban masyarakat kepada pemerintah daerah, demi kemajuan bersama, pungkasnya.

Hal senada dikatakan Lucky, Asper BKPH Lebak, dalam arahannya telah menyampaikan bahwa perlunya penataan kembali lingkungan sehingga dapat sejalan dengan arah pencapaian kesejahteraan masyarakat, sebagai salah satu upaya Perhutani untuk tujuan tersebut adalah dengan membangun kerjasama yang baik dengan semua stakeholder, ucapnya.

“Perlu kerjasama yang baik antara Perhutani dengan pihak Pemda, masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (Ormas), serta pihak yang berkepentingan lainnya, untuk mendukung pelaksanaan PHBM yang perlu dibangun kesepahaman persepsi diantara pihak terkait agar terwujud satu langkah yang sama dan berseragam dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa dalam pelaksanaan program PHBM di Perhutani menempatkan pihak-pihak lain seperti LMDH, Pemda atau pihak lainnya sebagai mitra usaha bukan sebagai obyek, dengan maksud agar hasil yang di peroleh dapat dinikmati bersama sesuai dengan bagi hasil yang telah disepakati bersama di depan akta notaris.

Selanjutnya dikesempatan yang sama juga dikatakan oleh H. Irman, selaku pendamping LMDH Provinsi, bahwa harapan terlaksananya program PHBM tidak lain adalah agar masyarakat Desa Sangiangjaya khususnya, dapat ikut serta dalam pelaksanaan PHBM yang diprogramkan oleh Perhutani, pemerintah.

“Saya harap, sebanyak mungkin masyarakat ikut serta dalam program ini dan nantinya juga dapat turut menikmati hasilnya.
Karena itu perlu peran aktif Kepala Desa dalam usaha mendukung program ini dengan melibatkan masyarakatnya.

Juga dikesempatan yang sama, H. Jamaludin Ramli, selaku Ketua Bara-jp Lebak yang didamping Supriyadi, bidang kemasyarakatan di Bara-Jp dpc lebak menambahkan, H. Ramli S.E, dalam sebuah penyampaian dirinya berharap kepada warga masyarakat desa sangiangjaya untuk bersama sama membangun kembali sebuah perekonomian masyarakat dengan cara meningkatkan tarap kesejahteraan bersama.
Semoga dari 610 Hektar lahan yang ada, bisa dipergunakan dengan baik, dan bekerja sama sesuai ketentuan dan tara cara maupun peraturan pemerintah daerah.

“Selaku ketua yang mewakili ormas bara-jp, saya juga siap dan turut membantu masyarakat dalam bentuk program kerja nyata bagi warga masyarakat dibidang pertanian, pungkasnya, diakhir penyampaian.

Di akhir acara sosialisasi tersebut, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan dan kerjasama dari pihak perhutani, pendamping LMDH Provinsi, Ketua LMDH Desa Sangiangjaya, beserta Kepala Desa, Usep Fahlaludin”.

Cyber/Red
(M.s.)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Penyerahan SK-KTA Ketua dan Anggota Terpilih BPPKB BANTEN 1998 DPAC CINANGKA periode 2021-2026

cyberinvestigasi.com, 15 Januari 2021, Serang kabupaten – Dalam berlangsungnya acara peyerahan SK-KTA, langsung dilakukan oleh ketua umum sesuai hasil Munas. Sudah terbentuk secara sah dan resmi kepengurusan BPPKB BANTEN 1998 DPAC CINANGKA priode 2021-2026. Legalitas kepengurusan ini ditandai dengan diserahkannya SK dan KTA oleh pengurus DPC kabupaten serang terpilih, dalam […]
ba4c826d 388b 4b8f b6cc 2518775baeee

Subscribe US Now