Tumbuhkan Ekonomi Kreatif, Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Gelar Pelatihan Kerajinan

Redaksi
0 0
Read Time:1 Minute, 55 Second

cyberinvestigasi.com, 02 Desember 2020, Serang kota – Dalam sebuah Kesempatannya, warga masyarakat Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan Kota Serang, telah mendapatkan sebuah pembinaan kerja, dalam pembuatan kerajinan yang dimanfaatkan dari sampah ataupun limbah barang bekas menjadi Pundi-Pundi, dan untuk selanjutnya telah hadir langsung di acara, yakni Lurah Sepang, Heruji S.Pdi.,M.Si, yang juga didampingi Narasumber yakni Rafiuddin, MM. Selaku Kabid DLH Kota Serang, (02/12/2020).

Dalam acara gelar pelatihan tersebut, taklupa juga telah hadir Ibu Ibu peserta yang diwakili oleh Ibu Hanum, selaku Kader Posyandu PKK Kelurahan Sepang, dan juga Ibu-ibu Perwakilan SD Negeri dari masing masing tingkat RW se-Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Kota Serang.

Dikesempatan lain Lurah Sepang, Heruji S.Pdi.,M.Si,
menjelaskan, saat ini banyak limbah sampah baik yang organik dan non organik yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama dalam pengelolaannya, karena limbah daur ulang sampah baik yang organik dan non organik bisa mendatangkan nilai rupiah apabila di kelola dengan baik.

IMG 20201221 163031

“Saat ini banyak limbah sampah dari keluarga yang dibuang warga di pembuangan sampah yang hanya akan menjadikan permasalahan dan bisa saja menimbulkan berbagai penyakit,” jelasnya.

Namun dalam pelatihan ini, lanjut Heruji, masyarakat diajari untuk melakukan pengelolaan sampah, seperti sampah yang organik yaitu sampah yang bisa melebur dengan tanah seperti sampah jenis daun daunan ataupun sampah dari bekas tumbuhan yang bisa diolah menjadi pupuk Kompos. Sedangkan untuk sampah non organik seperti plastik bisa di manfaatkan untuk kerajinan tangan seperti bunga plastik dan sampah lainnya yang bisa dikumpulkan untuk di jual kepada pengola bank sampah.

Dirinya juga menambahkan, maka dengan ini Kita harapkan bagi para peserta bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dan menangkap hasil materi dari pihak narasumber,” ujar Heruji, S.Pdi.,M.Si.

Hal senada juga disampaikan Rafiuddin, selaku dari pihak Dinas Lingkungan Hidup DLH Kota Serang, Ia juga mengatakan,

“Sampah apabila bisa dimanfaatkan dengan baik, ada nilai rupiahnya, dan bisa menambah perekonomian masyarakat.
Permasalahan sampah memang menjadikan sebuah polemik didalam lingkungan, maka kita sebagai masyarakat harus bisa mengetahui fungsi dan pemanfaatan sampah, Pungkasnyanya.

“Untuk itu, dengan dilakukannya sosialisasi pembinaan keterampilan kali ini, semoga bermanfaat dan warga masyarakat Kelurahan Sepang lebih mencintai akan kebersihan lingkungan”
Juga terutama untuk Kepala kelurahan, agar terus mendukung dan memberi pembinaan pembinaan terhadap warga, guna tumbuhkan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, tutupnya di akhir sebuah penyampaian”.

Cyber/Red
Ogan H.S.
Kabiro Kota serang

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Public-Private Partnership, Wujud Komitmen Bersama Penegakan Rezim APUPPT

cyberinvestigasi.com, 21 Desember 2020, Jakarta – Mengingat semakin tingginya kejahatan ekonomi di Indonesia, membuat Pemerintah Indonesia terus berupaya mencari solusi yang efektif untuk menanggulangi hal itu. Maka dalam kesempatan ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggandeng sektor-sektor swasta untuk berkolaborasi dan bersinergi, dengan melalui program Public-Private Partnership (PPP), […]
IMG 20201221 175901

Subscribe US Now