IMG 20221028 WA0099

Upacara Sumpah Pemuda di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Peran Anak Muda Bersatu Untuk Menjaga NKRI

0 0
Silahkan Share
Read Time:2 Minute, 33 Second

Cyber investigasi com, Nunukan – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Ilyas Indra bersama jajaran melaksanakan apel upacara Sumpah Pemuda di perbatasan Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Apel Upacara Sumpah Pemuda ke-94 ini diikuti oleh Karang Taruna, Forum Kepala Desa dan Koramil perbatasan.

Sebagai pembina upacara, Ilyas Indra membacakan Pancasila di hadapan peserta upacara dan menyampaikan arahan. Dalam sambutannya, Ilyas Indra menyampaikan bahwa suasana sakral dirasakan saat melaksanakan apel upacara Sumpah Pemuda di perbatasan negara.

Di perbatasan ini terdapat keluar masuk perdagangan antar negara, hubungan warga antar negara, menjadi semangat generasi muda saat Sumpah Pemuda.

“Sehingga, saat memimpin bangsa ini sudah menjadi pemimpin unggulan, yang nantinya bisa membawa Indonesia menjadi negara maju di dunia,” jelasnya.

Di wilayah perbatasan yang sangat mengharukan, Ilyas Indra, saat apel upacara Sumpah Pemuda ditemani oleh para pemuda perbatasan, karang taruna dan para kepala desa.

Ilyas Indra juga menyampaikan kebanggaan kepada pemerintah, yakni Presiden Joko Widodo yang sudah membangun pelabuhan di Sibatik sangat bagus dan jalan jalan di perbatasan cukup bagus.

“Ini bisa membantu perekonomian masyarakat perbatasan, juga tol laut yang membantu dengan mudah bahan bahan pokok masuk ke perbatasan dan hal yang dulu menjadi beban harga bahan bakar sudah bisa satu harga di perbatasan,” ujarnya.

Ilyas Indra berharap di Pulau Sibatik ini sebagai pintu gerbang perbatasan dengan 5 kecamatan dan pemerintah pusat serta legislatif bisa membantu menjadi Kota Adminsitratif.

BACA JUGA :  Beberapa Pejabat Eselon II.b, III dan IV di Lingkungan Pemkab Lebak di Lantik

“Sehingga, dalam penanganan percepatan kota maju di perbatasan bisa lebih cepat juga dalam ketahanan negara bisa lebih terperhatikan dengan menjadi setingkat Kota,” tambahnya.

Pada peringatan bersamaan yaitu, Hari Sumpah Pemuda ke-94, Sekjen DPP KNPI H. Ali Hanafia, beserta jajaran pengurus melakukan Bakti Sosial berbagi dalam jumat berkah. Kegiatan berbagi Jumat berkah dilakukan di sekitaran Kantor DPP KNPI di jalan Mega Kuningan Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

Dari Kegiatan Bakso tersebut, kejati DKI melakukan penanaman 1.028 bibit tanaman Mangrove benerjasama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dan stakeholder terkait.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani menyebutkan dalam kegiatan tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

”Kita di sini memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94. Kita mengundang beberapa stakeholder para BUMD di Pemprov DKI, ada sejumlah organisasi kepemudaan baik yang keagamaan dan nasionalis kita undang semua disini,” ujar Reda, Jumat (28/10/2022).

Sekjen DPP KNPI, Ali Hanafia mengatakan dalam pelaksanaan penanaman tanaman Mangrove tersebut juga dimaksud untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober.

”Agar kita bisa menghayati dan memaknai dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan memperkuat persatuan nasional kita. Dengan menaman hutan bakau, mempererat tanaman bakau dengan tanah air Indonesia,” ungkap Sekjen DPP KNPI Ali Hanafiah.

“Momentum peringatan sumpah pemuda ini harus kita jaga dan kita rawat. Karena sumpah setia masa lalu, para pemuda harus di rawat pemuda saat ini, persatuan dan kesatuan harus kita jaga demi keutuhan NKRI,” lanjut Sekjen DPP KNPI Ali Hanafiah.

BACA JUGA :  Pj Sekda M. Tranggono Hadiri AKI 2022 Mall Summarecon: Kreasi Anak Bangsa Yang Luar Biasa

*Puskominfo Indonesia*
Cyber_Red

M.s

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%