Curug Cikumpay Merupakan Potensi Wisata Airterjun Yang Belum Terkelola Dengan Baik

centerweb
0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

cyberinvestigasi.com Sajira, Lebak Banten – Curug Cikumpay adalah merupakan salah satu potensi Wisata Air terjun yang masih tersembunyi dari publik dan belum banyak di ketahui oleh halayak serta merupakan potensi wisata alam yang belum terkelola dengan baik”.

Curug CIKUMPAY ini juga memiliki keindahan pada panorama alamnya, dan terletak di Desa Maraya, Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak.

Adapun lokasi Air Terjun ini juga di perkirakan memiliki ketinggian tebing sekitar 60 m, dengan panorama keindahan Air terjun yang sangat menakjubkan, dengan jarak tempuh 1 km, jika ditempuh dengan berjalan kaki oleh para pengunjung, dan bisa tiba di lokasi air terjun tersebut dengan menghabiskan waktu sekitar 15 menit.

Salah satu pengunjung sebut saja “Khodijah, (23) mengatakan, suasana dan nuansa alam di Curug Cikumpay ini sejuk dan sangat indah” dengan aliran airnya yang jernih, yang keluar dari sela perbukitan, dan juga ditambah suasana alam yang asri membuatnya betah berlama-lama dan dirinya mengatakan bahwa di kesempatan lainnya berniat untuk mengunjungi kembali Air Terjun tersebut, imbuhnya.

“Air Terjun Cikumpay ini memiliki pesona natural dengan pemandangan alamnya yang sangat indah, dan jarak tempuh juga dekat, jadi kita tidak terlalu lelah saat ingin ke lokasi, imbuhnya. sebab saya sudah sering kesini, ujar “Khodijah”, menjelaskan pada awak media (15/8/2020).

Namun disisi lain, meski banyak dikunjungi pengunjung dari luar atau masyarakat setempat, namun lokasi yang memiliki potensi wisata yang satu ini masih belum terkelola dengan baik, karna itu curug cikumpay ini memerlukan pembenahan dan sebuah penataan yang harus maksimal, agar nantinya juga bisa dikelola dengan benar, agar berdampak kepada kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat, pungkasnya.

Dalam kesempatan lain, dan ditempat terpisah”
Hal itu juga dibenarkan oleh “Madnur, selaku Kepala Desa Maraya. Kecamatan Sajira kabupaten Lebak, Ia menuturkan, memang betul bahwa dalam hal ini Pemerintahan Desa dan juga warga masyarakat sendiri memiki harapan dan angan-angan itu, dan bahkan sedang berencana untuk mengembangkan destinasi wisata Air terjun Curug Cikumpay tersebut, namun saat ini masih terkendala oleh sumber daya manusia yang belum memadai, jelasnya.

IMG 20200816 WA0058

“Sebab untuk mengelola pariwisata, terlebih dahulu kita harus membangun sumber daya manusia yang memadai, sebab jika dikelola asal-asalan, akan berdampak buruk pada alam sekitar dan masyarakatnya.” kata Mad’nur, Kepala Desa maraya, seraya menuturkan saat di konfirmasi di rumah kediaman.

“Apalagi aliran air dari Curug Cikumpay tersebut juga merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar, jadi dalam hal ini harus diperhitungkan dengan matang matang, agar rencana pengembangan pariwisata tidak merusak yang sudah ada, belum juga mengenai akses jalan poros desa yang kondisinya sangat membutuhkan peningkatan pembangunan, imbuhnya.

“Namun terlepas dari itu, mudah mudahan di Tahun 2021 nanti kita coba persiapkan segala sesuatu nya untuk pengelolaan dan pengembangan destinasi Wisata Air terjun Cikumpay, agar bisa dikelola dengan baik dan juga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” lanjutnya.” Mad’nur”

Untuk sebuah pengembangan, pihaknya juga akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Pemerintahan Kecamatan maupun Pemda Lebak, karena pengembangan pariwisata juga tidak semudah apa yang kita inginkan, sebab prosesnya membutuhkan segala sesuatunya” jadi semoga saja nanti akan terwujud, sebab katagori pariwisata juga sudah masuk dalam sebuah program kebijakan pemerintah pusat, dan daerah, tutupnya”. “Mad’nur” kepala desa maraya. kecamatan sajira. kabupaten lebak

Cyber/Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Pekerjaan Pemasangan Paving di Kerjakan Secara Swakelola

cyberinvestigasi.com, Serang Kota – Pemerintah Kelurahan Cibendung Kecamatan Taktakan Kota Serang, melaksanakan giat dalam sebuah pekerjaan pembangunan infrastruktur, dengan pemasangan paving blok di wilayah kampung Gardu Cilowong RT.01 RW.01, dan pembangunan tersebut yang di selenggarakan secara swakelola” yang mana serta merta telah mendapatkan sambutan antusias dari warga. Rabu(19/8/20) Nanang Suryana.S.Pd.M.TPd, […]
IMG 20200819 WA0129

Subscribe US Now