IMG 20211224 WA0001

Karang Taruna Bersama Bupati Serang Lakukan Panen Raya Melon Golden

0 0
Silahkan Share
Read Time:2 Minute, 27 Second

Cyberinvestigasi.com, Kab.Serang – Karang Taruna Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang melakukan panen raya buah melon jenis golden alisha pada Kamis, 23 Desember 2021. Panen raya ini merupakan hasil tanam dari program TAWIRA (Taruna Wira Usaha) yang digagas oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy.

Panen raya yang dilakukan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah itu juga dihadiri Sekretaris Karang Taruna Provinsi Banten Gatot Yan S, Camat Waringinkurung Warnerry Poetry, Kepala Dinas Pertanian Kab. Serang Zaldi Dhuhana, para kepala desa serta pengurus karang taruna wilayah setempat.

Pada momen tersebut, Tatu mengajak para pemuda Karang Taruna di 29 kecamatan se Kabupaten Serang untuk mau memulai berbudi daya atau bertani buah-buahan atau sayur-sayuran.

“Jadi saya meminta ke seluruh pemuda karang taruna 29 kecamatan ayo mulai seperti ini, mau bertani, budi daya apa saja terserah mau ke sayuran, buah-buahan karena kebutuhan pasar masih besar,” ajaknya.

Tatu mengapresiasi panen perdana melon golden di Desa Melati, Kecamatan Waringin Kurung tersebut. Tanaman melon yang dipelopori oleh Ketua Karang Taruna beserta seluruh anggotanya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena pemuda di Kabupaten Serang mulai bergerak di dunia pertanian dan ini yang sangat diharapkan oleh pemerintah. Karena pertanian jangan sampai, ketika para petani senior atau sudah sepuh selesai (bertani) tidak ada estafet,” katanya.

“Tadi saya juga memberikan semangat jika awal bertani ini yang pertama pasti banyak persoalan. Akan tetapi, jangan patah semangat karena pemerintah akan selalu mendampingi,” pesan Tatu.

Kepala Dinas Pertanian Zaldi Dhuhana menyampaikan bahwa budi daya melon ini memang butuh skill yang harus di persiapkan, dan disini sudah disiapkan oleh dinas pertanian untuk pendamping penyuluh pertaniannya.

BACA JUGA :  Giat Sispam Mako Polsek Curug Polres Serkot Dilakukan Personil Piket

Sekretaris Karang Taruna Provinsi Banten Gatot Yan S mengatakan bahwa TAWIRA (Taruna Wira Usaha) adalah program yang dipelopori langsung oleh Ketua KT Banten Andika Hazrumy. “Bung Andika menggagas dan terus mendorong pelaksanaan TAWIRA karena beliau ingin menciptakan kemandirian karang taruna melalui sektor kewirausahaan,” ujar Gatot.

“Apa yang dilakukan TAWIRA Waringkurung ini merupakan bukti bahwa karang taruna juga mampu menciptakan kemandirian generasi muda melalui kegiatan kewirausahaan bidang pertanian” kata Gatot.

Selanjutnya Karang Taruna Provinsi Banten akan menduplikasi kegiatan ini ke desa-desa lain yang memiliki potensi serupa.

“Kita akan hadirkan TAWIRA waringin kurung ini dalam kegiatan pembinaan ditempat lain agar keberhasilan mereka dalam bertani melon golden dapat memotivasi sekaligus berbagi ilmu dan teknik kepada karang taruna lainnya,” papar Gatot.

Terkait pemasaran buah melon golden tersebut, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan akan membantunya. “Pemasarannya karena kita tahu, kawan-kawan pemda fokus pada UMKM termasuk bidang pertanian, kita akan bantu,” tegas Tatu.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Waringin Kurung, Dede Tarmidzi mengatakan, dengan menanam melon golden sebagai upaya menjalankan amanat Ketua Karang Taruna Banten Andika Hazrumy untuk bagaimana caranya pemuda produktif dan aktif. Karena ini berkelanjutan, maka pihaknya mengajak semua pemuda ikut serta membangun dalam dunia pertanian.

“Harapan kami pemuda yang bergelut di pertanian agar diperhatikan sarana prasarananya agar bisa lebih lebih mudah mengembangkan pertanian. Saya berpesan kita jangan ragu, gengsi untuk berusaha memajukan wilayah sendiri,” ujarnya.

*Puskominfo Indonesia*
Cyber-Red

M.s

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%