Screenshot 20230727 121328 Twitter

Wapres dan Rektor IPDN Wisuda 1.627 Pamong Praja Muda

0 0
Silahkan Share
Read Time:1 Minute, 45 Second

cyberinvestigasi.com, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, menitipkan nasib bangsa Indonesia di tangan pamong praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Harapan besar ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden di Istana Wakil Presiden RI, saat melantik 1.627 orang pamong praja muda lulusan IPDN, angkatan XXX tahun 2023.
Kamis, (27-7-2023).

Kampus IPDN, Menurutnya, meskipun memiliki perjalanan panjang yang diwarnai oleh perubahan sistem politik dan kenegaraan IPDN tetap dengan jati dirinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang telah melahirkan banyak pemimpin di level birokrasi dan lembaga publik lainnya.

“IPDN memiliki peran strategis dalam melahirkan pamong praja sebagai ASN yang berdiri kokoh dalam merawat dan menjaga keutuhan NKRI”, ujarnya.

Untuk itulah menurutnya, pamong praja muda yang telah dihasilkan oleh IPDN harus mampu menjadi ASN yang dapat bergerak cepat mengantisipasi dan merespon perubahan yang terjadi, ASN harus menjadi bagian dari solusi dengan ide-ide segar dan konstruktif, utamanya dalam mengelola agenda-agenda strategis nasional seperti percepatan penurunan stunting, penghapus kemiskinan ekstrem, dan lain sebagainya.

“Sebagai tumpuan pembangunan daerah dan nasional, pamong praja muda IPDN harus dapat berperan sebagai agen perubahan serta memiliki visi menuju Indonesia emas 2045, papar Wapres.

Kalian harus produktif dalam melahirkan dan melaksanakan terobosan serta agenda nyata yang kreatif dan inovatif sesuai konteks daerah, serta dapat menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat”,

“Maka pahami dan gali gagasan lokal dalam penugasan”, imbuh Wapres-RI secara langsung menyematkan penghargaan Kartika Astha Brata, dan Kartika Abdi Praja kepada 10 lulusan terbaik program sarjana terapan.

BACA JUGA :  Polda Banten Paparkan Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443H Kepada Kapolri Beserta Rombongan

Diketahui juga bahwa, Kesepuluh lulusan terbaik IPDN ini lulus dengan raihan IPK rata-rata diatas 3.8, dan mendapat predikat “Dengan Pujian”.

Dikesempatan yang sama, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, dalam laporannya di Istana Wakil Presiden RI mengatakan bahwa 1.627 orang pamong praja muda ini telah melaksanakan prosesi Sidang Terbuka Senat IPDN dalam rangka Wisuda Lulusan IPDN Tahun Akademik 2022/2023, di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, pada hari Selasa (25 Juli 2023).

“Hari ini, mereka siap dilantik oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia sebagai pamong praja muda dan siap melaksanakan pengabdian dan penugasannya di seluruh Indonesia, jelasnya.

*Puskominfo Indonesia*

Mpap.s
Cyber_Red

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%